30/08/08

Cara menulis Content yang menarik

Biasanya blogger pemula banyak yang merasa kesulitan mengisi content blog. Banyak juga yang merasa tidak bisa menulis content yang menarik. Saya juga begitu. Selalu merasa ada yang kurang dengan tulisan saya. Selalu bertanya,“Apa akan ada banyak orang yang tertarik dengan tulisan saya?”

Anda mau tahu kiat-kiat menulis content yang menarik?

  1. Menulis dengan tulus. Tulis saja apa yanga anda mau tulis, mengalir saja. Blog yang bagus itu biasanya punya content asli dan ditulis sepenuh hati. Jadi, anda bisa menulis apa saja yang anda sukai agar jiwa anda terasa masuk dalam tulisan. Selain itu, tulisan anda tidak terkesan dipaksakan.
  2. Tulis yang bermanfaat. Apa yang disukai para pembaca. Semua orang yang mengakses blog seperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa. Mereka punya hal baru yang bermanfaat dan setiap pengunjung bisa menerapkan manfaat ini untuk kepentingan mereka. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untuk orang lain. Berikan informasi yang anda punya untuk semua pengunjung. Agar, pengunjung tidak merasa sia-sia telah datang ke blog anda.
  3. Cari solusi untuk masalah orang lain. Pertama kali sebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, anda mesti tahu betul siapa saja pembaca anda. Jadi anda bisa menganalisis kesulitan apa saja yang biasa mereka hadapi. Tapi jika anda belum punya pembaca (biasanya dialami blogger baru) anda bisa membaca blog lain yang punya target pembaca yang sama dengan anda dulu. Sebut saja ini blog reference anda. Jika anda benar-benar blank tidak punya ide untuk menawarkan solusi pada pengunjung. Coba saja pelajari masalah-masalah yang biasa diutarakan pengunjung blog reference anda. Biasanya di bagian komentar pengunjung suka mencurahkan masalah-masalah mereka. Kemudian anda tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi anda sendiri.
  4. Jangan cuma menulis tentang diri sendiri. Jika anda terlalu banyak menulis tentang diri anda, nanti malah banyak pengunjung yang tidak suka. Mereka akan mengira anda bikin blog hanya karena ingin pamer.
  5. Sentuhlah pembaca anda. Coba buat interaksi dengan para pembaca anda. Caranya bagaimana? Tidak cuma membalas komentar yang pembaca berikan. Tapi, anda bisa membuat sejenis kontes yang menarik minat pembaca anda. Missal bagi pemberi komentar diberi hadiah ebook.
  6. Buat headline yang memikat. Headline atau judul tulisan jadi salah satu faktor penentu banyak tidaknya pengunjung yang tertarik dengan blog anda. Kenapa? Ya karena siapaun yang ingin join di blog pasti membaca judul tulisan anda dulu. Betapapun menariknya content anda kalau judulnya tidak menawan hati pengunjung, ya sia-sia saja. Nah, untuk membuat judul tulisan yang mematikan, anda bisa belajar dari blog lain. Perhatikan saja judul-judul yang ada di blog-blog terkenal. Pelajari apa yang membuat judul itu bisa memikat anda. Lalu silakan meniru model judul yang membuat anda terpikat ini. Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul how to, memakai kalimat imperatif atau malah judulnya singkat seperti headline koran? Anda boleh meniru model yang anda sukai.
  7. Fokus pada hal yang penting saja. Jangan merepotkan diri anda dengan hal-hal yang tidak memberi manfaat banyak untuk traffic blog anda. Misal, anda terlalu asyik mencari gambar yang sempurna untuk blog anda. Atau terlalu lama mendesain layout dan mengutak-atik format halamannya. Tentukan hal apa sih yang paling esensial untuk blog anda? Dan fokus pada hal yang penting ini saja. Jangan buang waktu anda dengan aktivitas yang membuat anda terlena. Kalau bagi saya sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembaca itu dua hal yang lebih penting dari apapun. Jadi saya minimalkan saja aktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini. Jadi saya bisa menggunakan waktu saya yang lain untuk hal yang lebih produktif.

Nah, sekarang apa anda masih merasa kesulitan menulis content yang menarik? Mari kita berbagi di sini. Saya tunggu ya…

Tidak ada komentar:

 
ϧϧPowered by Blogspot tutorial