30/08/08

Hal yang perlu dihindari pada blog

Berikut adalah 8 hal pada website yang tidak disukai pengunjung :

1. Informasi yang out of date
Sudah cukup jelas. Tidak ada yang lebih buruk daripada informasi yang sudah kadaluarsa.

2. Kurang fokus
Banyak sekali website yang membuat visitornya bertanya-tanya, ” Nih situs ngomongin apa sih?”. So, pastikan home page anda secara jelas menyampaikan apa yang anda kerjakan dan berapa nilai yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk menarik minat mereka supaya meng-explore halaman-halaman lainnya.

3. Teks, teks… dan teks
Sebenarnya, teks yang banyak tidak jadi masalah. Tapi, jangan gunakan paragraf-paragraf panjang tanpa jeda. Membaca online sangat berbeda dengan membaca print out. Lebih baik, pakailah jeda dalam blok teks anda. Misalnya dengan paragraf yang lebih pendek & terfokus, white space, heading & subheading, numbers & bullets, atau gambar dengan ukuran & tempat yang tepat.

4. Susah dibaca
Enak gak sih… baca teks, fontnya biru, backgroundnya hitam? Atau sebaliknya, fontnya kuning, backgroundnya putih? Atau mungkin… font terlalu kecil yang bikin mata perih? :-( Ya, itu semua bukan pilihan yang baik. Pastikan tulisan anda mudah dibaca.

5. Ramai dan kacau
Let’s say, anda punya situs yang hebat. Tapi jika visitor anda harus melewati blok-blok teks yang panjang, aneka tawaran promosi di sana-sini, macam-macam animasi, grafik penjualan, flash, serta lain-lain yang berlebihan dan tidak diatur rapi, anda hanya akan membuat visitor anda bingung dan segera pergi.

6. Waktu download yang lama
Jangan sia-siakan waktu pengunjung dengan berbagai macam foto, atau flash, atau video, atau apa saja, yang hanya akan membuat halaman anda lebih lama untuk tampil utuh. Anda hanya punya hitungan detik untuk menangkap minat mereka membaca. Gunakan waktu mereka sebaik mungkin.

7. Aggressive Advertising
Tentu kita berharap website atau blog kita menjadi media untuk mengantarkan pengunjung dari prospek menjadi pembeli. Tapi, advertising yang terlalu mencolok bukanlah jawaban yang benar. Ada yang lebih efektif, yaitu : sajikan informasi, solusi dan nilai produk. Boleh pakai pop up, asal jangan yang full screen dan susah banget di-close. Ini bisa bikin marah semua orang.

8. Tidak ada Privacy Policy
People hate being spammed. So, jika anda meminta pengunjung anda untuk mengisikan alamat e-mail mereka, pastikan anda telah meyakinkan mereka bahwa anda akan memproteksi privasi mereka dengan tidak akan menjual atau mendistribusikan alamat e-mail mereka ke orang lain.

3 komentar:

atokaja mengatakan...

kalo blog untuk artikel mendingan backgroung warna putih, tulisan warna hitam. biar enak dibacanya

wong aneh mengatakan...

mas, blog ku juga warnanya putih tapi tetep ga dapet member tuh

atokaja mengatakan...

aduh mas. ini kan sekedar masukan kalo bikin blog yang berisi artikel sebaiknya warna putih backgroundnya.

 
ϧϧPowered by Blogspot tutorial