30/08/08

Memilih nama blog


Ketika awal kali berniat membuat blog, pemberian nama menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Pemberian nama yang tepat akan membuat pengunjung mudah ingat dengan blog anda.

Kalau anda memang serius ngeblog, memberi nama blog sama pentingnya seperti memberi nama untuk anak. Karena itu, jangan sepelekan memilih nama, baik untuk anak maupun buat blog! :-)

Bagaimana cara memilih nama blog yang tepat?

  1. Riset kecil-kecilan dulu. Coba buka search engine seperti Google atau Yahoo. Lalu ketik topik blog yang sudah anda pilih. Misal anda bermaksud membuat blog tentang pantai. Coba ketik: ‘blog pantai’ atau ‘beach blog’ atau ‘pantai’ saja.
  2. Amati dan buka beberapa blog. Dari hasil yang ditampilkan search engine, amati nama-nama blog yang tertera. Boleh juga dibuka beberapa blog yang menarik hati. Amati isinya. (Sekalian buat cari inspirasi isi blog yang akan dibuat).
  3. Cari tahu berapa pengunjung. Dari sekian blog yang namanya sudah anda catat, cari tahu seberapa banyak pengunjung di blog itu. Banyak tidaknya pengunjung bisa bermula dari tepat tidaknya nama blog yang diberikan.
  4. Simpulkan. Setelah mendapat jumlah pengunjung setiap blog, anda bisa melihat nama-nama blog yang sudah populer di bidang yang anda pilih. Sekaligus anda tahu apa kelebihan dan kekurangan blog-blog tersebut.

nama blog itu harus:

  • Sesuai dengan isi. Saya sarankan nama yang anda pilih sesuai dengan isi blog. Misal tentang pantai, baiknya kata ‘pantai’ tetap dipakai.
  • Gunakan dua kata. Daripada memilih satu kata, lebih baik dua kata sekaligus. Kecenderungan saat ini pengguna internet mencari informasi dengan kata yang lebih spesifik. Dan yang pasti juga membantu membedakan nama blog anda dengan yang lain. Contoh, lebih baik memakai kata ‘pantai bagus’ daripada cuma ‘pantai’ saja.
  • Coba cari beberapa alternatif. Misal blog tentang ‘pantai’, anda bisa membuat daftar nama yang bisa dipakai seperti ‘pantai indah’, ‘pantai paling indah’, ‘pantai unik’, atau ‘pantai bali’.
  • Tentukan. Timbang baik-baik, dari sekian alternatif nama yang anda tulis, nama apa yang paling tepat. Pilih nama yang bisa mewakili isi blog anda secara keseluruhan. Pertimbangkan pula hasil riset anda sebelumnya. Sebagai acuan karakter pengunjung di topik blog yang anda pilih.

Nah nama sudah ditentukan! Kemudian daftarkan nama itu. Ketika mendaftarkan, saran saya:

  • Pilih domain *.com. Karena sebagian besar pengguna internet sudah kadung biasa dengan domain tersebut.
  • Tuliskan dalam satu kata. Nama yang sudah anda pilih lebih baik ditulis menjadi satu kata. Misal “pantaiindah.com”. Hindari memakai dash (contoh:pantai_indah.com).
  • Tambahkan kata. Bila nama blog yang kita pilih ternyata sudah ada yang pakai, tambahkan kata lain. Tambahan kata upayakan tetap berhubungan dengan nama awal yang dipilih. Misal menjadi “turpantaiindah.com” atau “panduanpantaiindah.com”.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

 
ϧϧPowered by Blogspot tutorial