01/09/08

Cara Menarik Pengunjung

Setiap orang memiliki pendapat berbeda-beda tentang bisnis internet. Ada yang antusias dan percaya bisnis ini memang menjanjikan (contohnya saya). Ada yang cuek dan bahkan tidak percaya bisnis ini bisa anda jadikan tumpuan hidup.

Hmmm…bagaimana dengan anda? Di kelompok mana anda berdiri?

Sebagai pemula, mungkin anda masih dihinggapi rasa kurang yakin dan tidak PEDE terjun di bisnis ini. (berarti anda berdiri di garis ragu-ragu antara yakin dan tidak).

Ini wajar. Banyak affiliate marketer pemula yang mengalami ketidak-PEDE-an seperti itu.

Sebagai pemula kita memang perlu banyak belajar. Kita juga perlu berproses. Dan ingat belajar itu tidak hanya pada mereka yang sukses, tapi juga pada mereka yang gagal.

Intinya, anda hanya perlu modal niat dulu, “Saya serius menjadi affiliate marketer!” Nah, setelah itu baru pikirkan tentang keberhasilan anda. Dan tetap berpikir positif serta terus optimis kalau anda akan sukses. Kemudian cari ilmu tentang affiliate marketing. Dan, segera praktikkan ilmu anda setahap demi setahap.

Saya harap anda percaya pada kekuatan berpikir positif. Ya… karena jika anda berpikir positif hasilnya pasti positif. Begitu juga sebaliknya. Dan, sikap optimis seperti inilah kunci bagi semua pengusaha (baik offline maupun online).

Ya… kalau manusia tidak dibekali tuhan rasa optimis mungkin tidak akan ada pengusaha sukses :-) So, just be optimistic!

Tapi, hati-hati… jangan terlena dengan rasa optimis. Anda juga harus berjuang jika anda ingin situs web affiliate anda laris. Hmm … berjuang bagaimana?

Jawabannya ada di sini.

1. Isi Situs Web Anda dengan Tulisan Berkualitas
Jika isi situs web anda memang bagus dan tulisannya juga berkualitas, pasti banyak webmaster lain yang ingin punya link ke situs web anda. Jadi, tidak usah khawatir sepi pengunjung.

Selain itu untuk meramaikan situs web anda, beri kesempatan pengunjung untuk berkontribusi terhadap situs web anda. Misal, beri ruang pada mereka untuk menyampaikan komentar tentang situs web anda. Ini perlu agar situs web anda lebih interaktif.

2. Bergabung Bersama Directory
Agar situs web jadi lebih popular, anda bisa mendaftarkannya pada directory. Bergabung bersama directory bisa memudahkan kerja search engine melacak situs web anda.

Oya, sebelum anda bergabung, ada baiknya anda browsing dulu, pilih directory yang paling sesuai dengan tema dan isi situs web anda. Contoh directory di antaranya Yahoo Directory (http://directory.yahoo.com), Open Directory Project (DMOZ) (http://dmoz.org/), Gimpsy (http://www.gimpsy.com/), GoGuides (http://www.goguides.org/), Business.com (http://www.business.com/), dan masih banyak lagi.

3. Tulis artikel untuk situs web lain
Para pemilik web biasanya suka mengumpulkan artikel-artikel bagus dalam situs web mereka. Nah, ini kesempatan anda. Anda bisa menyumbangkan tulisan anda di situs web semacam ini. Tujuannya apa? Agar anda bisa lebih dikenal.

Anda tidak percaya? Silakan coba!

Beberapa situs web yang biasa mengumpulkan artikel itu Ezine Articles (http://ezinearticles.com/), Idea Marketers (http://www.ideamarketers.com/), dan GoArticles (http://www.goarticles.com/).

4. Tulis Testimoni
Jika anda menulis testimoni dengan bagus (dan tentu buatan anda sendiri), sangat mungkin merchant anda akan memajang testimony ini sebagai feature di situs mereka. Tapi, ingat! Jangan buat testimony yang terang-terangan meminta link untuk situs web anda. Kumpulkan saja kontak anda, termasuk situs web anda, dan tunggu saja apa yang terjadi selanjutnya.

5. Buat press release (keterangan pers)
Untuk mengenalkan situs web anda yang baru, anda boleh membuat press release. Tujuannya agar situs web anda menarik minat pengunjung. Bagaimana caranya press release di internet?

Ada beberapa situs yang biasa mengurusi situs-situs yang baru rilis, misalnya PRWeb (http://www.prweb.com/), PRFree (http://www.prfree.com/), dan SBWire (http://www.sbwire.com/). Jadi, cukup klik situs mereka, dan anda bisa mengumumkan situs web anda yang baru ke seluruh dunia.

6. Buatlah blog
Cara hebat menggiring pengunjung masuk dalam situs anda adalah menggunakan blog. Mengapa? Karena ini promosi yang gampang. Search engine akan menampilkan blog anda selama keyword anda di-klik pengunjung.

Oya, anda perlu tahu, search engine itu lebih suka menampilkan blog yang bagus dan segar (maksudnya, isinya sering di update). Dan, tentu blog anda ini harus berhubungan dengan situs web affiliate anda. Juga, berisi produk dan layanan yang ada di situs web anda.

7. Aktif dalam forum dan grup
Komunitas adalah hal yang sangat penting dalam bisnis anda. Kenapa? Karena dalam forum dan grup (komunitas) inilah setiap orang membicarakan satu topik. Jadi, segera bergabung dengan komunitas yang berhubungan dengan situs web anda.

Anda bisa berpromosi di sana. Bagaimana berpromosi yang halus dan tidak menonjol? Gunakan nama situs web anda sebagai ID anda dan buat identitas lengkap yang memasukkan situs web anda di dalamnya.

All right… selalu ada jalan menuju Roma. Selalu ada jalan menuju kaya. Anda setuju? OK… saya nantikan situs web affiliate anda.

3 komentar:

linda mengatakan...

mau nanya nih, bagaimana sih bikin blog yang baik, sehingga kita mudah menjual produknya. mohon saran

atokaja mengatakan...

sebenarnya saya juga masih belajar mbak linda. mbak linda bisa browsing di google coba search blog aja. ntar kan keluar tuh blog yang bagus. yang tampil di atas berarti lebih banyak dikunjungi. nah mbak bisa contoh blog tersebut. semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

vab банк
vab банк
[url=http://globalist.org.ua/?p=19244]vab банк[/url]
http://globalist.org.ua/?p=19244 - vab банк

 
ϧϧPowered by Blogspot tutorial